Kamis, 28 Juli 2011

Teknik SEO Para Blogger


Dalam banyak artikel yang membicarakan SEO, sepanjang tiga atau empat tahun ke belakang teknik SEO secara aplikatif tidak memiliki perbedaan jauh kecuali dalam hal-hal yang detail. Para blogger (dengan berbagai buktinya) mengelompokkan teknik SEO menjadi dua, yaitu: teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif bisa dikatakan sebagai teknik SEO dilihat dari konsep dan metode yang digunakan para blogger sehingga akan dapat diketahui level kualitas teknik tersebut. Sedangkan teknik kuantitatif bisa dikatakan sebagai teknik SEO dilihat dari sejumlah cara yang digunakan para blogger dan tersusun sistematis dan saling berkaitan.
Teknik kualitatif terbagi menjadi tiga macam:
1.    White Hat SEO
Yakni teknik SEO yang sejalur dengan sistem dan ‘keinginan’ mesin pencari (search engine). Salah satu cirkhas teknik ini adalah keaslian atau orisinalitas konten yang dimuat dalam sebuah website atau blog, dan konten tersebut kesesuaian dengan domain, judul dan kata kunci yang diterapkan. Teknik white hat SEO ini memiliki banyak rangkaian dan cara yang harus diterapkan. Para blogger mengakui bahwa teknik ini harus dijalani dengan gigih dan kontinu (terus-menerus). Tetapi jika anda menerapkannya, wesite atau blog anda akan di sayang dan di sukai oleh mesin pencari, dan tentunya oleh para pembaca. Teknik ini bisa dikatakan sebagai teknik aliran putih.
2.    Black Hat SEO
Yakni teknik SEO yang melanggar aturan yang diinginkan oleh mesin pencari. Teknik ini digunakan sebagian blogger untuk menerobos titik lemah pada sistem mesin pencari dengan cara-cara tertentu, agar dapat memperoleh ranking yang baik di mesin pencari tanpa usaha keras. Singkatnya, teknik ini adalah teknik curang dan akibatnya pun fatal.
3.    Grey Hat SEO
Beberapa artikel menggambarkan bahwa teknik ini tidak sepenuhnya menggunakan teknik kedua diatas atau mungkin menggabungkan keduanya. Karena maksudnya saja sudah teknik abu-abu, dalam teknik ini seorang blogger menggunakan sebagian atau beberapa saja dari kedua teknik di atas. Bisa dibilang blogger tidak sepenuhnya menggunakan teknik aliran putih untuk mencapai reputasi yang baik.

Adapun teknik kuantitatif dibagi menjadi:
1.    Teknik SEO on page
Yakni teknik SEO yang dilakukan dalam tubuh website atau blog itu sendiri (teknik internal). Teknik ini memiliki serangkaian cara yang harus diterapkan oleh blogger agar bisa dengan mudah terbaca dan memiliki peringkat yang baik dalam mesin pencari. Secara umum, yang perlu anda lakukan dalam menerapkan teknik ini antara lain: memilih nama domain yang sesuai isi website atau blog, memilih template yang seo friendly, pemilihan keyword, teknik penulisan dan penataan keywordnya dan seterusnya.
2.    Teknik SEO off page
Yakni teknik yang dilakukan diluar tubuh website atau blog itu sendiri (eksternal). Teknik ini pun memiliki serangkaian cara yang perlu diterapkan oleh seorang blogger, agar mencapai ranking yang baik tanpa melanggar aturan mesin pencari. Inti dalam teknik SEO off page ini seorang blogger layaknya seorang yang mempromosikan blognya kepada pengguna internet agar dikenal oleh mereka, promosi dalam arti yang sebenarnya. Seperti kita menawarkan barang dagangan secara langsung kepada orang banyak. Disinilah bedanya teknik ini dengan SEO on page.
Para blogger biasa menerapkan SEO off page dengan cara mendaftarkan (submit) blognya ke mesin-mesin pencari, menyebarkan link blognya ke situs-situs jejaring sosial (social network).
(dari berbagai sumber)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons