Rabu, 01 Juni 2011

Cara Menanam Gargir


Gargir atau arugula, tumbuhan yang sangat murah meriah di Mesir dan bermanfaat untuk tubuh juga sangat pas dikonsumsi pada saat musim dingin. Hal ini karena dia bisa membantu menghangatkan tubuh. Anda ingin mencoba menanamnya?

Di mesir sendiri, benih gargir diperjualbelikan meski pohonnya tipis dan kurus. Ini karena banyak orang yang menggunakannya baik untuk di konsumsi langsung ataupun untuk budidaya tanaman.

Orang Arab sendiri, khususnya yang bukan petani, melakukan budidaya tanaman di balkon rumah mereka karena mereka rumah mereka berupa rumah susun (flat). Termasuk juga ketika mereka menanam gargir untuk dikonsumsi. Tetapi, karena bukan untuk pertanian dan proyek profesional, budidaya mini ini biasa mereka lakukan secara instan dan mudah. Cara-cara instan mereka dalam menanam gargir ini antara lain:
1.    Menggunakan tanah yang dikhususkan untuk menanam. Kita biasanya membuat tanah seperti itu dengan mencampurkan kotoran hewan dan kulit-kulit padi (merang) atau puing-puing pohon padi yang sudah kering, sampai tanah itu menjadi benar-benar tercampur.
2.    Menggunakan tanah petmoss untuk lapisan atasnya. Tanah petmoss sepertinya semacam tanah yang sudah di pupuk dan di gunakan untuk menjamin pertumbuhan benih. Tanah menjadi sangat diandalkan untuk proses pertumbuhan tanaman.
3.    Tanah yang siap untuk menanam tadi dimasukkan ke dalam pot (bisa dari plastik, kaleng atau tanah), dan berlubang-lubang di bawahnya untuk proses pengairan. Kemudian taburkan tanah petmoss di lapisan atas, dan biarkan sehari saja.
4.    Hari berikutnya, taburkan lagi petmoss secara tipis, dan mulailah menanamkan benih gargir. Usahakan benih-benih tersebut tertanam kedalam (ditekan sedikit), dan kemudian taburkan lagi tanah petmoss secara tipis (sekitas 1 cm) di lapisan paling atas.
5.    Kemudian semprotkan air ke petmoss tadi (pakai saja semprotan burung, biar lebih merata) sekedar untuk membasahi saja, jangan sampai menjadi genangan. Lakukan semprotan ini paling tidak 3 hari sekali, jangan setiap hari, sampai tumbuh menjadi tanaman gargir.

Usahakan meletakkan pot pada tempat yang hangat dan kondusif (cuaca tidak berubah-ubah).

Memanfaatkan Gargir dengan Cara Lain
Dalam banyak artikel disebutkan, orang-orang Arab kadang memakai gargir untuk mencegarh rambut rontok. Caranya, tumbuklah gargir sebanyak 15 gr, campurkan ke 50 gr alkohol dan 1 sendok teh kembang mawar. Lakukan ini selama dua minggu berturut-turut. Di Mesir sendiri ada produk minyak rambut dengan bahan dasar gargir atau arugula.

Mereka juga kadang memakainya untuk obat luka bakar. Caranya, tumbuk seikat gargir dan aduk dengan campuran minyak zaitun 1 sendok makan, lalu oleskan pada bagian yang luka.

Juga untuk memperlancar air seni. Caranya, rebuslah sekitar tiga ikat gargir dengan bawah merah secukupnya dalam 2 liter air biasa. Rebuslah hingga air menyusut hingga setengahnya. Setelah itu angkat, minumlah satu gelas di pagi hari, dan satu gelas di sore hari.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons