Senin, 30 Mei 2011

Gargir (Arugula) Tumbuhan untuk Pertahanan


Gargir, yang nama aslinya jarjir, adalah salah satu tumbuhan dedaunan yang sangat populer di tengah masyarakat Mesir, dari berbagai kalangan. Tumbuhan yang juga dikenal sebagai Arugula ini memang sangat digemari banyak orang Mesir, baik di konsumsi secara mentah atau instan. Disamping harganya yang murah, gargir atau arugula sangat mudah di dapat di berbagai penjuru pasar sayur di Mesir.

Meski bukan untuk pelangsing tubuh (losing fat), tapi sangat disayangkan kebanyakan orang Mesir mengenal gargir hanya sebagai penambah stamina seksual. Padahal tidaklah demikian. Seperti beberapa peneliti, Dr. Sa’ad Khafaji (Guru besar Universitas Alexandria pada bidang pengobatan, tanaman obat dan farmasi) mengungkapkan beberapa manfaat tumbuhan ini bagi tubuh. Dia mengatakan:

“Orang Arab tahu gargir, dan dijelaskan dalam dunia medis kuno bahwa benihnya (biji) terasa pedas seperti sawi, daun dan biji matangnya dikonsumsi, dan dengan meminum jusnya dapat memperkuat seks sehingga sangat berguna bagi manusia. Gargir bisa memperlancar air seni, membantu pencernaan ketika Anda makan makanan dengannya, dan itu menjadi minyak mineral untuk perut. Jusnya dapat menghapus bintik-bintik pada kulit. Memakannya bisa juga membersihkan darah dan mempercepat alirannya, membantu stabilitas gigi, kekuatan gusi dan pendarahannya. Dia juga dapat membantu meringankan penyakit dingin dan gangguan nafas, karena dapat membasmi flu biasa dan menjadi obat penghilang nyeri rematik dan radang sendi..”

Menurut para peneliti, gargir mengandung bahan-bahan mustard plus vitamin C, yodium, sulfur, zat besi, dan mereka mengingatkan bahwa konsumsi gargir secara berlebihan berbahaya untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan panas dalam air seni dan pendarahan.

Daun gargir memang lebih nikmat jika dikonsumsi secara mentahan, di buat lalapan atau salad. Rasanya agak pahit tapi renyah. Sangat bisa di buat campuran dalam pecel dan urab. Tapi untuk lalapan dengan sambal, itu lebih nikmat! Ya, mungkin di Indonesia sendiri sulit ditemukan? Atau bahkan belum ada? Anda pun bisa mencoba menanamnya sendiri dengan mudah.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons